INVESTASI BIDANG SDM

Banyak perusahaan swasta atau BUMN punya jargon “pengembangan SDM” tapi tidak banyak yang benar-benar komit investasi. Karena konsekuensi finansialnya yang bersifat jangka panjang. Sehingga para Direksi yang memperhitungkan masa tugasnya yang setiap 5 tahun dievaluasi Pemegang saham lebih memilih untuk melakukan investasi-investasi yang bisa panen dalam kurun waktu 5 tahun. “Untuk apa gue menanam bibit yang panennya diambil pejabat pengganti gue ?”.

Itu pikiran normal banyak pimpinan perusahaan. Demikian pula dalam skala Nasional. menurut para ekonom kekuatan ekonomi Indonesia kedepan tidak bisa mengandalkan industri berbasis buruh murah dan sumberdaya alam lagi. Karena buruh murah yang produktif kita kalah dari Vietnam dan Banglades.

Setelah kondisi Infrastruktur cukup dibenahi Jokowi, andalan strenght point kita kedepan hrs pada aspek “Kreativitas dan daya Inovasi” dari SDM Indonesia. Itu mungkin alasan kenapa pd periode I ,Jokowi sudah membentuk Badan Kreatif Nasional. Sedangkan periode II akan memprioritaskan pada pengembangan SDM.
Tapi perlu diingat bahwa investasi SDM itu bukan seperti menanam pohon jagung atau singkong yang hitungannya bulanan, tetap seperti menanam pohon jati atau karet yang panennya diatas 5 tahun.

Seharusnya menginvestasi SDM secara masif sudah dilakukan Pemerintah 2 sblumnya saat kita masih punya cukup dana dari boom hasil minyak dan tambang.
Walaupun terlambat tidak ada salah, kita memang harus mengejar ketertinggalan bangsa kita.

(China, Korea, dan Malaysia menjadi lebih cepat maju setelah mulai memanen ribuan sarjananya yang kembali pulang dari sekolah di US dan Eropa 5-10 Thn sebelumnya).
Siapapun Presidennya, hanya individu yang memikirkan kepentingan bangsa jangka panjang yang tetap komit utk membangun kompetensi SDM walau belum tentu ia yang akan langsung menikmati hasil panen pada periode pemerintahannya .

Tambahan: Semoga program investasi SDM kedepan lebih banyak menghasilkan engineer-engineer kreatif dan entrepreneur, dan bukan politisi.

** Protenzia Consulting adalah Konsultan yang bergerak dalam bidang Rekrutmen Sumberdaya Daya Manusia (SDM) dan Assesmen Psikologi



Leave a Reply