TACIT KNOWLEDGE

Pernah kah anda melihat atau bertemu dengan bbrp ‘orang sakti’ seperti ini: Seorang montir yang hanya mendengar suara mesin sudah bisa mendeteksi jenis kerusakan mobil?, seorang dokter yang hanya melihat wajah, sudah bisa memprediksi gangguan kesehatan seseorang, atau seorang koki yang sptnya main cemplang cemplung bumbu tapi bisa membuat masakan yang lezat, atau seorang nelayan yang bs memprediksi badai atau lokasi yang bnyk ikan tanpa bantuan GPS. Sakti kah mereka? Mreka spt punya ilmu tambahan atau dibantu makluk halus sehingga punya kemampuan yang jauh melebihi orang2 biasa. Berdasarkan kenyataan sbnrnya mereka orang biasa. ” Sy sdh lebih 20 tahun jadi montir sdh ribuan mobil saya tangani,jadi wajar kalau sy lbh peka”.

“Saya sdh menghadapi dan menangani ribuan pasien, jadi saya juga tidak tahu kenapa prediksi saya sering tepat, walau belum memeriksa si pasien”. Perkataan yang sama juga dilontarkan oleh para master dr berbagai profesi Mereka sdh memiliki “Tacit Knowledge” yang merupakan akumulasi proses pengalaman dan pembelajaran ribuan atau puluhan ribu kasus selama lebih 10 tahun. Keahlian tsb seolah melekat pada diri mereka dan sulit utk diajarkan atau ditransfer ke orang lain krn mrka jg bingung hrs menjelaskan dr mana.

Orang2 istimewa ini di organisasi atau diperusahaan sulit tergantikan ,bahkan oleh seorang sarjana baru dgn IP 4 sekalipun. Kedalaman atau kekayaan pengalaman tidak bisa dibeli atau disulap. Kehidupan mmg merupakan proses yang tdk selalu bisa dibuat instant.



Leave a Reply