Memahami Pengujian dan Assesment Psikologis

Tes psikologis mungkin terdengar menakutkan, tetapi ini dirancang untuk membantu Anda. Psikolog menggunakan tes dan tools assesment (penilaian) lainnya untuk mengukur dan mengamati perilaku klien untuk sampai pada diagnosis dan melakukan treatment.

Jika Anda atau anggota keluarga dirujuk untuk melakukan tes psikologis, Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan tentang apa yang diharapkan. Atau Anda mungkin pernah mendengar tentang tes psikologis dan bertanya-tanya apakah Anda atau anggota keluarga harus menjalani tes. Tes psikologis mungkin terdengar menakutkan, tetapi ini dirancang untuk membantu Anda.

Dalam banyak hal, tes dan penilaian psikologis mirip dengan tes medis. Jika pasien memiliki gejala fisik, penyedia layanan primer dapat memesan sinar-X atau tes darah untuk memahami apa yang menyebabkan gejala tersebut. Hasil tes akan membantu menginformasikan pengembangan rencana perawatan.

Evaluasi psikologis memiliki tujuan yang sama. Psikolog menggunakan tes dan alat penilaian lainnya untuk mengukur dan mengamati perilaku klien untuk sampai pada diagnosis dan panduan pengobatan.

Psikolog melakukan tes dan penilaian untuk berbagai alasan. Anak-anak yang mengalami kesulitan di sekolah, misalnya, mungkin menjalani tes bakat atau tes untuk ketidakmampuan belajar. Tes untuk keterampilan seperti ketangkasan, waktu reaksi, dan memori dapat membantu psikolog saraf mendiagnosis kondisi seperti cedera otak atau demensia.

Jika seseorang mengalami masalah di tempat kerja atau sekolah, atau dalam hubungan pribadi, tes dapat membantu psikolog memahami apakah dia mungkin memiliki masalah dengan manajemen amarah atau keterampilan interpersonal, atau ciri-ciri kepribadian tertentu yang berkontribusi pada masalah tersebut. Tes lain mengevaluasi apakah klien mengalami gangguan emosi seperti kecemasan atau depresi.

Penyebab mendasar dari masalah seseorang tidak selalu jelas. Misalnya, jika seorang anak mengalami kesulitan di sekolah, apakah dia mengalami masalah membaca seperti disleksia? Masalah perhatian seperti attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD)? Kesulitan dengan kontrol impuls? Tes dan penilaian psikologis memungkinkan psikolog memahami sifat masalah, dan mencari cara terbaik untuk mengatasinya.

Pengujian dan Assessments

Tes dan assesment adalah dua komponen evaluasi psikologis yang terpisah namun terkait. Psikolog menggunakan kedua jenis alat untuk membantu mereka mencapai diagnosis dan rencana perawatan.

Assesment melibatkan penggunaan tes formal seperti kuesioner atau daftar periksa. Ini sering disebut sebagai tes “mengacu pada norma”. Artinya, tes telah distandarisasi sehingga peserta tes dievaluasi dengan cara yang sama, di mana pun mereka tinggal atau siapa yang mengelola tes. Sebuah tes yang mengacu pada norma kemampuan membaca seorang anak, misalnya, dapat menentukan peringkat kemampuan anak tersebut dibandingkan dengan anak-anak lain pada usia atau tingkat kelas yang sama. Tes yang mengacu pada norma telah dikembangkan dan dievaluasi oleh para peneliti dan terbukti efektif untuk mengukur sifat atau kelainan tertentu.

Assesment psikologis dapat mencakup banyak komponen seperti tes psikologi yang mengacu pada norma, tes dan survei informal, informasi wawancara, catatan sekolah atau medis, evaluasi medis dan data observasi. Seorang psikolog menentukan informasi apa yang akan digunakan berdasarkan pertanyaan spesifik yang diajukan. Misalnya, assesment dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang memiliki gangguan belajar, kompeten untuk diadili, atau memiliki cedera otak traumatis. Mereka juga dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang akan menjadi manajer yang baik atau seberapa baik mereka dapat bekerja dengan tim.

Salah satu teknik assesment yang umum, misalnya, adalah wawancara klinis. Ketika seorang psikolog berbicara kepada klien tentang kekhawatiran dan sejarahnya, mereka dapat mengamati bagaimana klien berpikir, beralasan dan berinteraksi dengan orang lain. Assesment mungkin juga termasuk mewawancarai orang lain yang dekat dengan klien, seperti guru, rekan kerja atau anggota keluarga. (Wawancara semacam itu, bagaimanapun, hanya akan dilakukan dengan persetujuan tertulis dari klien.)

Bersama-sama, pengujian dan assesment memungkinkan psikolog untuk melihat gambaran lengkap tentang kekuatan dan keterbatasan seseorang.

Menemui psikolog

Tes psikologi bukanlah satu ukuran untuk semua. Psikolog memilih serangkaian assesment dan tes khusus untuk setiap klien. Dan tidak sembarang orang bisa melakukan evaluasi psikologis. Psikolog klinis berlisensi terlatih secara ahli untuk melakukan assesment dan tes serta menafsirkan hasilnya.

Dalam banyak kasus, psikolog yang memberikan tes kemudian akan merawat pasien dengan psikoterapi. Beberapa psikolog fokus hanya pada mengevaluasi pasien, dan kemudian merujuk mereka ke spesialis lain untuk perawatan setelah mereka membuat diagnosis. Dalam kedua kasus tersebut, proses pengujian dan assesment akan membantu memastikan bahwa klien menerima perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadinya.

Apa yang diharapkan

Tes psikologis tidak seperti mengambil ujian pilihan ganda yang Anda lulus atau gagal. Sebaliknya, psikolog menggunakan informasi dari berbagai tes dan assesment untuk mencapai diagnosis tertentu dan mengembangkan rencana perawatan.

Beberapa orang tergoda untuk mengintip tes sebelumnya. Jika mereka curiga mereka mungkin memiliki masalah tertentu, mereka mungkin mencari online untuk tes latihan masalah itu. Itu ide yang buruk, kata para ahli. Faktanya, berlatih sebelumnya biasanya menjadi bumerang – ketika Anda mencoba untuk mengikuti tes dengan cara tertentu, jawabannya mungkin tidak konsisten dan membuat Anda tampak memiliki lebih banyak masalah daripada yang sebenarnya Anda lakukan.

Ingat, tes dan assesment psikologis tidak perlu ditakuti. Itu bukanlah sesuatu yang perlu Anda pelajari. Sebaliknya, ini adalah kesempatan bagi psikolog untuk menentukan cara terbaik untuk membantu Anda.

Sumber: https://www.apa.org



1 Comment

Leave a Reply