Konsultan Manajemen SDM

Konsultan adalah jasa atau layanan penasehat yang independen dan profesional yang membantu suatu tugas manajer atau organisasi untuk mencapai maksud dan tujuan organisasi melalui solusi pada masalah manajemen dan bisnis, identifikasi & pengukuran peluang baru, pembelajaran dan implementasi perubahan.

Douglas Ray berpendapat bahwa konsultan adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu dan memberi opini dari satu sudut pandang, dimana opininya tersebut dibayarkan sebagai biaya. Opini atau saran tersebut dibuat secara eksklusif untuk klien yang dapat berupa rangkuman, analisa, rekomendasi, dan implementasi. Sedangkan Sally Garratt berpendapat bahwa konsultan adalah seseorang tempat orang lain dalam meminta saran, mencari pedoman, meminta keterangan atau informasi. Dalam hal ini seseorang tersebut berada diluar kelompok kerja atau organisasi, seseorang yang akan bekerjasama dan mendiskusikan berbagai macam isu yang berkaitan dengan bisnis.

Konsultan Manajemen merupakan salah satu peluang dari lingkungan eksternal perusahaan untuk dapat menjadi alternatif untuk bangkit dari keterpurukan maupun pengembangan bisnis. Jasa konsultan manajemen dilirik banyak perusahaan, pasalnya banyak perusahaan yang sedang tumbuh dan berkembang harus siap untuk menyongsong era persaingan yang diperkirakan makin ketat dan membutuhkan banyak “sentuhan” dari berbagai bidang manajemen. Konsultan manajemen merupakan second opinion, sehingga keputusan tetap diambil klien/perusahaan. Sehingga Seorang konsultan harus mampu memberikan value added terbaik untuk klien. Di dalam memberikan value added modal pengalaman saja tidak cukup, tetapi diperlukan pula kompetensi yang memadai. Sehingga konsultan manajemen dapat diibaratkan seorang dokter, yang memberikan takaran obat yang berbeda pada setiap pasien meski berpenyakit sama sekalipun.

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses dan metode cara menangani berbagai masalah pada ruang lingkup manusia, terutama dalam dunia kerja dan industri yang meliputi karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Bagian atau unit yang biasanya mengurusi SDM adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD /human resource department atau sekarang ini banyak yang menyebutnya juga dengan human capital departement.

Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

Departemen Sumber Daya Manusia Memiliki Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab :

1. Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja (Preparation and selection)
a. Persiapan, dalam tahap ini dilakukan perencanaan akan kebutuhan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan / forecast akan posisi pekerjaan yang kosong, jumlah, waktu, dan lain sebagainya.
Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasa tenaga kerja, dan lain sebagainya.
b. Rekrutmen tenaga kerja / Recruitment, rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperlukan analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan / job description dan juga spesifikasi pekerjaan / job specification.
c. Seleksi tenaga kerja / Selection, seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon pelamar kerja yang ada. Tahap awal yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah melihat daftar riwayat hidup / cv / curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja / interview dan proses seleksi lainnya.

2. Pengembangan dan evaluasi karyawan / Development and evaluation
Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi.

3. Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai / Compensation and protection
kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi perkerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu.



1 Comment

  • Template SOP (Standard Operating Procedure) Perusahaan dalam format Microsot WORD.

    BUNDLE CEO (Chief Executive Officer) terdiri dari 9 module:
    1. Sales & Marketing
    2. Accounting
    3. Finance
    4. Business Sampler
    5. Human Resources
    6. Computer & IT
    7. Security Planning
    8. Disaster Recovery
    9. ISO 9001 Quality

    Total terdiri dari 6.510 halaman konten termasuk 373 template Prosedur dan 581 template Formulir.
    Tinggal melakukan customizing (memilah dan memilih) sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.
    Kesemuanyanya editable hanya menggunakan software Microsoft WORD.
    Template ini akan sangat menghemat waktu Anda dalam menyusun penulisan SOP.

    SAMPLE DOKUMEN:
    a. INTERNAL AUDITS – 16 Halaman
    b. SALES ORDERS – 8 Halaman
    c. ACCOUNTING MANUAL – 50 Halaman
    d. JOB DESCRIPTIONS – 6 Halaman
    e. IT ASSET STANDARDS – 12 Halaman

    LINK SAMPLE DOKUMEN:
    http://online.anyflip.com/yxuap/yswp/mobile/

    LINK TOKOPEDIA:
    https://www.tokopedia.com/c37shop/template-sop-perusahaan-dalam-microsoft-word-bizmanualz-templates

    MEDIA PENGIRIMAN:
    1. Secara Fisik: CD/DVD
    2. Secara Non-Fisik: Download Online (secure dengan username/password).

    INFO LEBIH LANJUT:
    1. TOKOPEDIA: Chat atau Diskusi Produk
    2. WhatsApp 081517983468
    3. Email: c37shop.id@gmail.com

Leave a Reply