Perbedaan gaya kepemimpinan BOS VS LEADER

Di bawah ini adalah beberapa perbedaan kepemimpinan antara bos dan leader, silahkan disimak:
1. Bos lebih memiliki karakter sebagai tukang “Perintah” pada bawahan untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan Pemimpin akan bertanya pada bawahan cara terbaik supaya cepat meraih tujuan yang inin di capai bersama

2. Kebanyakan Karakter bos lebih sering Mengintimidasi sehingga membuat bawahan mereka merasa tertekan. Sedangkan Pemimpin akan memberikan Motivasi dan Kepercayaan pada bawahanya dan tidak akan menyalahkan siapapun saat terjadi kesalahan. “Karena Orang Hebat Tidak Menyalahkan Orang Lain Atas Kegagalan Yang Mereka Alami

3. Seorang Bos memiliki karakter ego yang tinggi. Jika mendapatkan sebuah prestasi hanya akan berkata “AKU dan AKU”. Sedangkan seorang Leader akan selalu berkata “KAMI”, karena seorang leader mempunyai pandangan bahwa prestasi tersebut bisa dicapai dengan kerjasama tim, bukannya karena kemampuannya sendiri.

4. Bos akan lebih sering memanfaatkan bawahannya untuk mencapai target atau tujuan tanpa pandang bulu. Sedangkan seorang Leader akan memberdayakan dan mengajarkan ilmu yang dipunyai dan akan senang jika berhasil memberdayakan orang lain.

5. Seorang Bos akan menyalahkan orang lain atau bawahan jika melakukan kesalahan. Bahkan kadang kesalahan Bos akan ditimpakan ke bawahan supaya tidak membuat buruk citranya. Sedangkan Leader akan meperbaiki dan membesarkan hati jika ada orang disekitarnya mengalami kegagalan Dan memberikan Cara lain untuk mengatasi Kegagalan itu. Karena seorang leader sejati tidak akan menyalahkan orang orang disekitarnya.

6. Seorang Bos hanya akan menjadi orang yang pandai memerintah saja tanpa memberikan contoh yang baik. Sedangkan seorang Leader sejati yang akan memberikan contoh sebelum memerintahkan.

7. Bos akan selalu memuji dan mengunggulkan namanya, Atas segala karya atau keberhasilan yang di raih karyawanya dan menganggap itu adalah keberhasilan yang ia buat sendiri. Leader akan selalu menghargai prestasi orang lain dan akan selalu mensupport tanpa mengatasnamakan diri sendiri.

8. Seoarang Bos hanya akan Menyuruh dan memerintah sedangkan Karakter Pemimpin Akan mengajak dan Melakukan Bersama.

Itulah beberapa perbedaan antara Bos dengan Pemimpin (Leader). Dimana Setiap Pemimpin dapat menjadi Bos yang baik Untuk Bawahanya, Sedangkan Bos belum tentu dapat menjadi Pemimpin yang baik untuk bawahanya.

referensi: timeslib.com


Leave a Reply